cara merawat alat pembuat kopi

Cara Merawat Alat Pembuat Kopi yang Paling Benar Agar Awet

Diposting pada

Kopi adalah salah satu jenis minuman favorit yang selalu dicari oleh banyak orang. Bahkan ada beberapa orang yang tidak bisa menjalankan aktifitas hariannya dengan baik jika belum meminum segelas kopi. Kenikmatan rasa dan aroma kopi tidak hanya bergantung pada kualitas biji kopi saja, akan tetapi juga pada proses pembuatannya. Saat ini ada banyak sekali alat pembuat kopi atau sering disebut juga sebagai coffee maker yang sudah dijual luas dipasaran. Anda bisa menemukan dan membelinya dengan mudah diberbagai pusat perbelanjaan dan beberapa toko online. Sesuai namanya, fungsi utama dari coffee maker adalah untuk memudahkan Anda membuat kopi sesuai selera.

Cara memilih mesin pembuat kopi

Mesin pembuat kopi juga dapat menjadi salah satu rekomendasi alat yang tepat untuk dibeli oleh para pemilik cafe agar semakin memudahkan pekerjaan dan menghemat waktu. Namun, memilih coffee maker tidak bisa dilakukan sembarangan, karena jika sampai salah pilih, maka nantinya Anda akan menyesal dan tidak bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Lalu bagaimana cara memilih mesin pembuat kopi yang tepat, simak ulasan berikut ini.

1. Anda harus menentukan tujuan membeli coffee maker apakah untuk dipakai sendiri di rumah atau untuk usaha kafe. Jika digunakan sebagai pendukung usaha, maka akan lebih baik jika Anda memilih jenis mesin yang di atas rata-rata supaya dapat menghasilkan citarasa kopi terbaik untuk para konsumen Anda.

2. Mesin pembuat kopi memiliki fitur dan keunggulan masing-masing, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda seperti mesin kopi espresso, french coffee press, drip coffee maker, dan single cup coffee maker.

3. Anda juga bisa memilih alat pembuat kopi yang mereknya sudah terkenal dan banyak digunakan. Karena jika merek tersebut sudah banyak digunakan, maka dapat dipastikan bahwa kualitasnya memang terjamin dan terpercaya.

4. Pilihlah kapasitas penyeduhan kopi sesuai kebutuhan Anda, seperti dapat menghasilkan satu gelas, sepuluh gelas, bahkan dua belas gelas dalam sekali seduh.

Cara merawat alat pembuat kopi

Setelah mengetahui beberapa cara atau tips memilih mesin pembuat kopi yang dapat Anda jadikan patokan sebelum membeli mesin tersebut, maka Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara merawat coffee maker supaya bisa awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama, yaitu:

• Bersihkan dengan air bersih dan cuka.

Bersihkan mesin pembuat kopi Anda dengan mencucinya sebulan sekali menggunakan air bersih dan cairan cuka. Kandungan acid pada cuka ampuh untuk menghilangkan minyak dari sisa-sisa kopi dan noda atau endapan kerak lainnya akan bersih dalam waktu sekejab. Jika tidak ada cuka, maka Anda bisa menggunakan sabun pencuci piring sebagai alternatif lain.

• Rendamlah terlebih komponen-komponennya

Sebaiknya Anda merendam dan membersihkan komponen-komponen pada mesin pembuat kopi dalam jangka seminggu sekali untuk menghilangkan minyak dan sisa-sisa kopi yang menempel.

• Semprotlah jika sulit dibersihkan.

Untuk beberapa komponen yang sulit dijangkau dan dibersihkan, Anda bisa menggunakan semprotan angin atau sprayer untuk menghilangkan debu yang menempel.

• Waspadalah dan rawatlah selalu.

Jika salah satu komponen mengalami kerusakan, maka jangan menunda untuk mengganti komponen tersebut agar tidak menyebabkan coffee maker menjadi rusak secara keseluruhan, terutama bagian teko kopi yang rentan mengalami keretakan.

Dengan mengikuti cara merawat alat pembuat kopi di atas secara benar, maka sudah dapat dipastikan coffee maker Anda bisa awet dan dapat digunakan dalam waktu lama. Menjaga kualitas mesin pembuat kopi agar selalu dalam kondisi terbaik sangat penting supaya kopi yang dihasilkan juga memiliki cita rasa sesuai yang Anda inginkan.

Gambar Gravatar
Hiii... senang bertemu Anda. Hobi saya salah satunya menulis dari apa yang saya pikirkan, kemudian saya menceritakannya kedalam sebuah web ini. Selamat membaca yah tulis-tulisan saya. Kalau mau endorse juga boleh juga tuh. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.