kolektibilitas kredit

Kolektibilitas Kredit Sebelum Pinjam Uang Online, Pahami 5 Kriteria Ini

Diposting pada

Sebuah bank yang menyediakan pinjaman online terpercaya pasti mempertimbangkan kolektibilitas kredit juga. Tujuan dari kolektibilitas kredit itu untuk mengetahui kualitas kredit nasabah. Itulah yang memberi pengaruh kuat apakah pengajuan pinjaman mudah diterima atau tidak. Untuk itu, pahami 5 kriteria kolektibilitas kredit ini dulu.

Apa saja 5 kriteria kolektibilitas kredit itu?

Silakan simak dibawah ini.

kolektibilitas kredit sebelum pinjam uang online

1. Kredit Macet atau Lost

Setiap bank memberi kebijakan kredit online yang berbeda-beda. Ketika nasabah tidak bisa memenuhi kriteria lancar, maka data macetnya akan tercatat oleh BI. Penetapan kredit macet atau tidak, dibatasi oleh waktu kira-kira 21 bulan. Tentu jika memenuhi ketentuan, bahwa si nasabah tidak/belum ada upaya untuk menyelamatkan kreditnya.

Dalam data BI, kredit bisa dikatakan macet ketika terjadi tunggakan untuk angsuran pokok lebih dari 270 hari. Hal itu juga berlaku terhadap sisa nilai bunga pinjaman yang dibebankan. Tunggakan tersebut menyebabkan bank rugi. Tapi untungnya bisa ditutup kerugiannya lewat pinjaman baru. Entah dari segi hukum ataupun kondisi pasar.

2. Kredit Diragukan atau Doubtful

Saat Anda tidak memenuhi kriteria kredit lancar ataupun kurang lancar, maka agunan yang masih bisa diselamatkan sekitar 75% dari nilai pinjaman. Tapi syaratnya nilai agunannya masih 100% dari utang peminjam. Apabila Anda menggunakan KTA, maka langsung berhadapan dengan proses hukum.

Status kredit terhadap pinjaman online terpercaya dinyatakan meragukan, apabila terjadi kapitalisasi bunga. Selain itu, pada waktu tunggakan untuk angsuran pokok atau bunga melebihi 180 hari juga termasuk diragukan. Ditambah lagi dengan dokumentasi hukum yang tidak kuat. Baik dari segi perjanjian kredit maupun pengikatan jaminan.

3. Kredit Kurang Lancar atau Sub Standard

kredit kurang lancar

Status kredit dinyatakan kurang lancar, jika terjadi tunggakan terhadap angsuran pokok maupun bunga lebih dari 90 hari. Sering terjadi cerukan pada kredit sebelumnya juga bisa menimbulkan status kredit kurang lancar. Maksud dari cerukan itu apa? Kurang lebih, cerukan itu adalah rekening pinjaman yang melebihi batas tariknya.

Selain itu, frekuensi terhadap mutasi rekening yang rendah juga berpotensi menyebabkan kredit kurang lancar. Aktivitas mutasi rekening yang rendah akan membuat proses pencatatan data ke BI kurang lancar. Mungkin Anda oke-oke saja saat membayar tagihan. Tapi kalau pihak pegawai bank, khususnya bagian administrasi lelet, bisa pengaruh juga.

4. Kredit dalam Perhatian Khusus atau Special Mention

Status kredit ini memiliki kriteria terjadi tunggakan angsuran kurang dari 90 hari. Walaupun statusnya tidak terlalu berbahaya, tetapi harus menjadi perhatian khusus Anda juga. Ada baiknya, ketika ternyata pinjaman disetujui, bikinlah jurnal untuk mencatat transaksi keluar-masuk pinjaman. Biar punya gambaran saat mengajukan kredit di masa yang akan datang.

Status terhadap pinjaman online terpercaya ini memiliki kriteria mutasi rekening yang relatif aktif. Tapi tidak terlalu aktif. Kadang-kadang terjadi cerukan juga. Pelanggaran yang dilakukan relatif jarang terjadi. Terutama yang berkaitan dengan kontrak perjanjian. Jika Anda kredit Anda sebelumnya berstatus ini, artinya masih aman.

5. Kredit Lancar atau Pass

kredit lancar

Kondisi ini ditandai dengan lancarnya pembayaran angsuran bunga maupun pokok. Begitu tanggal tagihan jatuh, langsung dibayar tempat waktu. Mutasi rekening pada bank juga sangat aktif dalam mencatat keluar-masuknya pinjaman. Pokoknya semua lancar. Kalau diibaratkan itu seperti jalan tol. Mulus, lancar, dan tanpa gangguan sama sekali.

Dengan adanya pinjaman uang online terpercaya, sudah banyak yang mendapatkan kemudahan akses untuk berbisnis dan urusan lain. Tanpa harus repot ke kantor, semua data transaksi bisa diakses via gawai. Saat ini sudah cukup banyak yang mengandalkan fintech dalam melayani pinjaman masyarakat. Salah satunya Tunaiku yang berada di bawah naungan Amar Bank.

Gambar Gravatar
Hiii... senang bertemu Anda. Hobi saya salah satunya menulis dari apa yang saya pikirkan, kemudian saya menceritakannya kedalam sebuah web ini. Selamat membaca yah tulis-tulisan saya. Kalau mau endorse juga boleh juga tuh. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.