Panduan Pendaftaran SNMPTN

Panduan Pendaftaran SNMPTN 2017 Terbaru Secara Online

Diposting pada

Panduan pendaftaran SNMPTN versi web berita informasi terkini. Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selalu menjadi idaman bagi semua orang. Baik itu para orang tua, maupun anak yang akan kuliah. Dan salah satu cara untuk kuliah di PTN tersebut adalah dengan mengikuti seleksi SNMPTN. Nah untuk itu, di tulisan ini kami akan bahas mengenai panduan pendaftaran SNMPTN di tahun 2017 dan semoga bisa menjadi referensi bermanfaat buat anda yang membutuhkan.

Silakan baca juga informasi penting ini: Perbedaan SNMPTN, SBMPTN dan Ujian mandiri

Kelebihan jalur SNMPTN dibandingkan jalur lain

Sebelum mengulas lebih mendalam mengenai panduan pendaftaran SNMPTN, maka ada baiknya Anda memantapkan kembali keinginan untuk masuk PTN melalu jalur ini, dan salah satu caranya adalah dengan melihat kelebihan-kelebihan jalur SNMPTN dibandingkan dengan jalur lain.

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan jalur SNMPTN, mulai dari proses seleksi yang tidak perlu mengerjakan soal tes, biaya yang ditanggung pemerintah sehingga Anda bisa mengikuti proses seleksi dengan cuma-cuma, dan peluang yang terbuka lebar untuk masuk PTN, karena jalur ini menyediakan porsi yang lebih banyak dibandingkan jalur lainnya.

Bagaimana? Lebih mantap kan untuk mendaftar SNMPTN?

Tata cara / panduan pendaftaran SNMPTN 2017

Bagi Anda belum tau apa saja dan bagaimana cara mendaftar SNMPTN terbaru berikut ini adalah 4 cara dan penjelasan ada dibawah ini. Silakan Anda simak.

1. Siswa memenuhi kriteria

Tahap pertama yang perlu Anda lakukan saat akan mendaftar SNMPTN adalah memastikan seluruh syarat dan kriteria terpenuhi, mulai dari NISN, nilai raport yang memenuhi syarat, dan kriteria lainnya. Intinya sih, Anda harus masuk ke dalam kriteria pemeringkatan.

Tapi, jika Anda tidak masuk ke dalam kriteria SNMPTN, maka Anda tidak perlu memaksakan diri untuk mendaftar dan tidak perlu berkecil hati, karena masih ada jalur masuk PTN lain yang bisa Anda coba, sekalipun nilai raport Anda di bawah rata-rata.

2. Mengisi form pendaftaran secara online

Jika semua kelengkapan sudah terpenuhi, maka saatnya Anda masuk ke laman snmptn.ac.id, di laman ini tugas Anda adalah mengisi form pendaftaran yang terdiri dari pegisian biodata, PTN mana yang akan dipilih, upload foto, dan melampirkan dokumen-dokumen pendukung lainnya.

Cara untuk masuk ke laman ini sangat mudah, Anda hanya perlu mengetik alamat lamannya di mesin peramban, lalu masukkan nomor NISN beserta password-nya, dan Anda bisa langsung mengisi data-data yang telah disebutkan di atas.

3. Mengunggah dokumen atau portofolio

Jika Anda ingin mendaftar ke jurusan seni ataupun olahraga, maka Anda perlu melampirkan dokumen atau portofolio yang berisikan piagam-piagam kejuaraan atau dokumen yang menyatakan bahwa Anda terampil di bidang tertentu, baik itu dibidang olahraga maupun seni.

Dokumen atau portofolio ini nantinya akan menjadi bahan pertimbangan bagi panitia SNMPTN untuk meluluskan Anda atau tidak. Jika sekiranya Anda memiliki beragam prestasi, baik itu di bidang seni maupun olahraga, maka kemungkinan Anda akan diterima di jurusan seni atau olahraga terbuka sangat lebar.

4. Mencetak kartu pendaftaran SNMPTN

Apabila hal-hal di atas sudah selesai dikerjakan, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencetak kartu pendaftaran SNMPTN. Untuk apa kartu ini perlu Anda cetak? Kartu ini perlu dicetak sebagai bukti bahwa Anda telah mendaftar dan menjadi peserta SNMPTN. Sehingga Anda perlu menjaga kartu ini baik-baik, karena kartu ini nantinya digunakan sebagai alat bukti saat verifikasi, yaitu saat Anda melakukan proses pemberkasan setelah dinyatakan lulus di PTN tertentu.

Berapa jumlah PTN yang bisa dipilih saat SNMPTN?

Bagian dari proses pendaftaran SNMPTN yang sering membuat banyak siswa galau adalah prooses memilih PTN dan memilih jurusan. Mengapa? Karena siswa dibatasi hanya boleh memilih maksimal 2 PTN saja, dan salah satu PTN-nya harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asal siswa.

Lalu bagaimana dengan pemilihan jurusannya? Berapa jumlah maksimal jurusan yang bisa dipilih? Untuk jurusannya sendiri, Anda diperbolehkan memilih 3 program studi, dengan syarat; maksimal 2 program studi di dalam 1 PTN.

Nah, saat memilih jurusan ini, maka Anda harus pintar-pintar melihat peluang. Anda harus mempertimbangkan daya tampung dari masing-masing program studi dan mempertimbangkan popularitas dari program studi tersebut. Jika program studi itu banyak peminatnya, tentunya Anda harus bersiap-siap menghadapi banyak pesaing yang bisa jadi memiliki kualifikasi lebih baik dari Anda.

Biaya yang perlu dikeluarkan saat SNMPTN

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun saat mengikuti proses SNMPTN, mulai dari proses pendaftaran hingga pengumumannya. Semua biaya sudah ditanggung penyelenggaraannya oleh pemerintah. Bahkan jika Anda kesulitan dengan akses internet, Plasa TELKOM yang tersedia di seluruh Indonesia siap membantu Anda.

Dan berita gembiranya lagi, bagi Anda yang berasal dari keluarga tidak mampu, maka Anda bisa mengajukan permohonan untuk mendapatkan bantuan melalui program Bidikmisi. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, maka Anda bisa mengunjungi laman belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi.

Calon mahasiswa akan melalui tahapan seleksi ini

Setelah melewati proses pendaftaran, kira-kira proses seleksinya nanti akan seperti apa ya? Jadi, proses seleksinya nanti melalui nilai raport yang sudah diinput oleh pihak sekolah di PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa). Di data tersebut pun akan dilihat prestasi-prestasi apa saja yang sudah pernah diraih oleh siswa.

Selain melihat nilai dan prestasi siswa, proses seleksi juga mempertimbangkan bagaimana kinerja sekolah SMA atau SMK asal siswa, karena rekam jejak sekolahnya pun akan dilihat. Ini dilakukan karena rekam jejak kinerja sekolah memiliki korelasi dengan mutu siswa yang dihasilkan.

Di luar itu semua, proses seleksi ini merujuk pada kriteria seleksi yang dibuat oleh pemerintah dan berlaku secara nasional, dengan diimbangi kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN.

Nah demikian informasi mengenai panduan pendaftaran SNMPTN 2017 ini, semoga bermanfaat, selamat mencoba..

 

Sumber:
snmptn.ac.id/informasi.html
infopmb.com/2015/09/pendaftaran-snmptn.html

Nov–

Gambar Gravatar
Hiii... senang bertemu Anda. Hobi saya salah satunya menulis dari apa yang saya pikirkan, kemudian saya menceritakannya kedalam sebuah web ini. Selamat membaca yah tulis-tulisan saya. Kalau mau endorse juga boleh juga tuh. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + nineteen =