pulau sombori sulawesi tengah

Pulau Sombori, Kecantikannya 11 12 sama Raja Ampat!

Diposting pada

Pulau sombori, kecantikannya 11 12 sama Raja Ampat. Pulau Sombori merupakan destinasi baru yang wajib kamu datangi sebelum ramai dipenuhi wisatawan musiman! Bahkan katanya, Pulau Sombori punya keindahan alam yang setara dengan Raja Ampat! Ya, 11 12, lah… Terletak di Morowali, Sulawesi Tengah.

Pulau somboro, kecantikannya 11 12 sama raja ampat

pulau sombori sulawesi tengah
Sumber foto: https://ksmtour.com/media/images/articles13/pulau-sombori-sulawesi-tengah.JPG

Pulau Sombori mewakili keindahan Bunaken dan Wakatobi. Hemm… Seberapa indah, sih, Pulau Sombori ini? tenang! Artikel ini akan memberi penjelasan seputar Pulau Sombori! Punya mimpi ke Raja Ampat tapi tertunda karena tiket pesawatnya mahal? Ke Pulau Sombori aja dulu!

Kawasan Konservasi Perairan

Kawasan Konservasi Perairan
Sumber foto: https://aws-dist.brta.in/2017-06/shutterstock-418451614_1498470971.jpg

Mempunyai luas sekitar 147.700 HA, Pulau Sombori mempunyai dua spot terbaik untuk snorkeling dan diving. Seperti judulnya, pulau ini memang mirip dengan Raja Ampat yang terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Gak perlu beli tiket pesawat ke Raja Ampat, cukup ke Kendari aja, mirip banget! Dua spot “main air” terbaik di Pulau Sombori adalah Pulau Koko dan Pulau Dua Laut. Pulau Koko terkenal dengan angin semilir yang sangat menyejukkan, lengkap dengan lambaian pohon kelapanya.

Hati-hati kejatuhan buah kelapa, ya.. Air laut di Pulau Koko jernih banget, sangking jernihnya sampai keliatan ikan-ikan lucu yang sedang berenang ke sana ke mari.

Nah, kalau Pulau Dua Laut adalah pulau kecil yang dihuni sekitar 30 keluarga nelayan. Pulau berpasir putih yang magical ini punya aquarium point yang luas dan cantik, lho! ada dua aquarium point, ada yang dangkal dan ada yang sedikit jauh dari bibir pantai. Tinggal pilih aja, kamu mau coba snorkeling di point yang mana. Kedua spot ini punya pemandangan ikan warna-warni, lengkap dengan terumbu karang yang terawat. Jadi gak sabar pengin beli tiket pesawat ke sini, ya?

Harus mampir ke Gua yang ada di Pulau Sombori

Terdapat dua gua yang ada di Pulau Sombori. Pertama, Gua Berlian yang terletak di pulau lain di bibir daratan Sulawesi yang menghadap Mbokkita. Kenapa disebut Gua Berlian? Karena di dalam Gua terdapat stalaktit yang berkilau seperti berlian idaman wanita… Untuk mencapai Gua kamu harus mengeluarkan usaha dan tenaga yang cukup besar, pasalnya letak Gua berada di tebing dengan kemiringan 70-80 derajat dan ketinggian sekitar 10 meter di atas permukaan laut. Gua ini belum lama ditemukan, hal ini dikarenakan Pulau Sombori masih tergolong sepi dan hanya dihuni oleh masyarakat sekitar. Tapi, konon katanya, menurut pengakuan seorang nelayan di sana, di Gua Berlian terdapat tiga peti emas! Hemmm… mau cek langsung? Lumayan, lho, kalau benar adanya, bisa beli tiket pesawat ke manapun kamu mau seumur hidup! Hehehe…

Gua yang ada di Pulau Sombori
Sumber foto: https://www.pegipegi.com/travel/wp-content/uploads/2016/12/goa-tengkorak.jpg

Tadi baru satu, ya Gua-nya? Nih, yang kedua adalah Gua Tengkorak! Hiiii… Persis sama seperti namanya, isi dari Gua ini memang tengkorak manusia asli bukan rekayasa. Tengkorak-tengkorak yang terdapat di Gua belum diketahui asal-usulnya. Nanti, deh, kalau udah diketahui tak kasih tau, ya.. untuk ke Gua Tengkorang juga gak mudah, lho. Gua Tengkorak ini berada di tebing dengan ketinggian sekitar 40 meter dari permukaan laut.

Keindahan Pulau yang satu ini bisa kamu lihat dari gugusan pulau-pulau karang, lengkap dengan tebing karang yang tinggi. Pasir putih dan jernihnya air laut di Pulau Sombori akan membuatmu berhari-hari main di pantai! Bukan hanya keindahan alamnya, kamu juga bisa menyaksikan secara langsung warga Suku Bajo yang terkenal sebagai pelaut yang tangguh. Kamu juga bisa belajar berenang dan menyelam bebas tanpa alat pernapasan bersama Suku Bajo, lho!

Kamu dapat mencapai Pualu ini dengan memesan tiket pesawat ke Kendari dan melanjutkan perjalanan dari Kendari ke Dermaga Laimeo, lalu naik kapal selama dua setengah jam menuju Pulau Sombori. Mudah, kok! Itung-itung berpetualang menjelajahi destinasi baru! Selamat liburan, ya!

Gambar Gravatar
Hiii... senang bertemu Anda. Hobi saya salah satunya menulis dari apa yang saya pikirkan, kemudian saya menceritakannya kedalam sebuah web ini. Selamat membaca yah tulis-tulisan saya. Kalau mau endorse juga boleh juga tuh. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.