tips jualan baju batik couple

Tips Agar Tidak Tertipu Dengan Baju Batik Couple, Ini Tips Untuk Konsumennya

Diposting pada

Konsumen merasa tertipu dengan batik couple yang Anda jual? Ini dia tips jualan baju batik couple untuk konsumennya. Menjalankan bisnis seperti bisnis batik couple memang gampang-gampang susah. Terkadang saat menjalankan sebuah bisnis, ada berbagai macam masalah yang muncul dari luar perkiraan kita sebelumnya. Contohnya saja seperti konsumen yang komplain dengan produk kita, parahnya ada yang merasa di tipu dengan produk kita, padahal hal ini sering terjadi pada bisnis secara online. Sebagai seorang konsumen, sudah pasti mereka tidak mau dirugikan sedikitpun oleh produk yang kita miliki, namun karena sebuah keadaan yang tidak terkendali produk yang dikirimkan tidak sesuai dengan pesanan. Jangan sampai karena masalah ini Anda menjadi kehilangan pelanggan.

Apa saja tips tersebut?

Ini tips jualan baju batik couple untuk konsumennya:

Anda sebagai penjual dan Anda juga beli barangnya dari pengupul baju? Merasa kurang dipercaya oleh konsumen Anda? Ini ada beberapa tips yang dapat kita gunakan untuk menghadapi konsumen yang merasa ditipu.

Pertama, jangan lari dari masalah.

Inilah hal yang harus Anda lakukan, jika Anda hanya berkilah bahkan menghindari permasalahan, konsumen akan semakin merasa di tipu dengan batik yang Anda jual. Jangan sekali-kali melemparkan tanggung jawab pada orang lain terlebih Anda menimpakan masalah ke konsumen. Karena Anda bergerak dalam bidang bisnis online, lebih baik Anda segera menyelesaikan masalah ini agar ketidakpercayaan konsumen tidak menjalar ke konsumen lain.

Kedua, jangan panik.

Saat batik couple yang sudah Anda kirimkan di protes, selalu tunjukkan sikap tenang dan anti panik. Dengarkan berbagai macam komplain dari konsumen dengan sabar dan berikan solusi terbaik untuk kedua belah pihak. Sikap Anda yang tenang dan sabar, pasti akan menurunkan tensi konsumen yang sedang meledak-ledak. Selain itu jika Anda langsung panik, Anda bisa saja sulit memperoleh solusi yang tepat agar dapat menyelesaikan keadaan demikian. Tips agar dapat tetap tenang saat menghadapi keadaan seperti ini ialah mendengarkan musik yang Anda sukai, iringan suara musik yang tenang akan menenangkan hati agar tidak panik.

Ketiga, sampaikan maaf secara tulus.

Apapun bentuk kekecewaan yang diberikan oleh konsumen entah karena batik ukurannya tidak sesuai, bahannya kurang halus, warna tidak seperti gambar, Anda harus meminta maaf secara tulus. Walaupun barangkali kekecewaan yang mereka rasakan bukan karena kesengajaan Anda namun jangan pernah takut meminta maaf. Permintaan maaf ini dapat Anda jadikan sebagai jembatan agar lebih mendekatkan Anda dengan para konsumen Anda. Jangan lupa meminta maaf yang dibarengi dengan solusi. Yakinkan pada konsumen jika Anda tidak pernah menipu atau berniat menipu. Tunjukkan itikad baik Anda.

Keempat, jangan mudah tersulut emosi.

Saat konsumen sedang komplain, pasti mereka akan melakukan komplain tersebut dengan nada tinggi bahkan akan menggunakan kata-kata yang kasar untuk pelampiasan amarah mereka, terlebih bila konsumen merasa ditipu pasti mereka akan lebih garang sehingga lebih keras memberi komplain pada Anda. Disini, jangan sampai Anda mudah terpancing dengan keadaan seperti ini, respon konsumen dengan profesional, respon yang positif bisa saja mereka terima.

Kelima, santun dan simpatik

Terakhir, jadilah seorang pebisnis yang simpatik dan santun. Saat banyak komplain batik couple yang berdatangan menimpa Anda, Anda harus tetap tenang serta menjadi pebisnis yang simpatik. Tunjukkan seperti apa rasa penyesalan yang Anda miliki pada mereka, simpati yang Anda miliki akan dapat mengurangi rasa ketertipuan. Simpati juga bisa menambah keyakinan serta kejujuran dalam menjalankan bisnis, sehingga mereka bisa tetap yakin dan percaya akan kejujuran Anda saat menjalankan bisnis. Jangan sampai Anda mengumbar janji bila sekiranya Anda tidak dapat menyanggupinya, jadi akan lebih baik bila Anda jujur dengan apa adanya.

Itulah beberapa tips agar Anda menjual batik baju couple yang sementara baju tersebut Anda beli dari orang lain. Konsumen Anda senang dan Anda pun turut ikut bahagia.

Gambar Gravatar
Hiii... senang bertemu Anda. Hobi saya salah satunya menulis dari apa yang saya pikirkan, kemudian saya menceritakannya kedalam sebuah web ini. Selamat membaca yah tulis-tulisan saya. Kalau mau endorse juga boleh juga tuh. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 − four =