Tips Memilih Jurusan Kuliah

Tips Memilih Jurusan Kuliah, Silakan Temukan Informasinya

Diposting pada

Tips memilih jurusan kuliah versi changingmedia.info. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang sempurna, kita semestinya tau, kalau yang namanya belajar buka sekedar ketika kita ada di bangku sekolah saja. Seperti ada pepatah yang menyampaikan bahwa belajarlah hingga ke negeri Cina. Jadi takkan ada kekeliruan untuk selalu mendapatkan pengetahuan selam hidup. Misalnya untuk Anda yang telah malas belajar lagi, maka Anda lebih baik berfikir bahwa ini bisa menambah pengetahuan Anda yang begitu pentingnya. Oleh karena itu, kuliah menjadi satu diantara pilihan yang terbaik untuk menimba ilmu. Nah, untuk Anda masih berniat melanjutkan pendidikan berikut ini adalah tipsnya.

Tips memilih jurusan kuliah

1. Hobi atau Kesukaan

Umumnya banyak anak yang mengambil jurusan kuliah yang bergantung pada hobi yang dijalaninya, misalnya dibawah ini:

· Bila kamu suka berbicara dimuka orang banyak, maka jurusan yang cocoknya buat Anda adalah Public Relation(PR/Humas), politik, hukum, broadcasting, psycology, komunikasi bisnis, sastra englih dan banyak jurusan lainnya. Ini misalnya yah.
· Bila Anda, suka akan dunia flora, maka jurusan yang cocok untuknya adalah jurusan pertanian.
· Bila Anda yang suka dunia akan fashion dan trend pakaian, maka jurusan yang cocok untuk Anda adalah desaign grafis, periklanan, dan bisa juga fotography serta lain sebagainya.
· Bila Anda suka akan dunia akting atau suka bergaya berpose, maka kamu bisa mengambil jurusan seni budaya, ataupun seni tari.
· Bila Anda hobi masak memasak, kamu cocoknya bisa mengambil jurusan yang berkaitan dengan makanan.
· Bila Anda hobi akan olah raga, maka Anda bisa mengambil jurusan berhubungan dengan olah raga atau bisa juga berkaitan cagar alam. Artinya di lapangan.
· Bila Anda suka menangani kesehatan, maka bisa mengambil jurusan kedokteran, kebidanan, keperawatan, atau apoteker.
· Terakhir, bila Anda suka matematika, maka kamu bisa mengambil jurusan sains, ekonomi atau IT.

Umumnya dengan bisa menyesuaikan hobi pada jurusan kuliah, maka bisa dipastikan kuliahnya akan terasa asik dan tidak terbebani dengan rasa terpaksa pada diri Anda saat mempelajari mata kuliah yang diberikan oleh dosen.

2. Budget atau keuangan

Tidaknya Hobi, kamu juga bisa menyesuaikannya dengan budget Anda atau keuangan lebih tepat. Jadi janganlah mengambil kuliah yang sifatnya akan memeras keuangan keluarga kamu. Kasian orang tua bila kamu harus meminta uang yang terus-menerus untuk biaya praktikum pada saat kuliah. Maka, alangkah baiknya kamu bisa mengambil kerja sampingan pada saat kuliah kamu berlangsung. Meskipun, dari berbagai pernyataan yang sudah bekerja sampai bekerja mereka justru lebih suka bekerja dari kuliah lagi. Jika hal ini bisa Anda lakukan dengan baik, maka hal ini pula dapat membanggakan orang tua kamu bekerja sambilan.

3. Pola pikir yang sehat

Sekarang ini banyak anak muda yang putus semangatnya sesudah mereka tidak lolos pada perguruan tinggi. Akhirnya, mereka menjadi pengangguran serta kadang mereka nekat untuk mengubah pola hidupnya menjadi tidak sehat dan dapat memperburuk diri sendiri.

Misalnya memanfaatkan kondisi seperti mencuri, mengamen, anak jalanan ataupun bekerja ditempat prostituasi. Maka, dalam tips memilih jurusan kuliah versi changingmedia.info salah satunya adalah pola pikir yang sehat. Kita diberi pola pikir oleh sang Maha Kuasa untuk berpikir yang sehat dan tetap beriman. Nah, jangan salah memilih jurusan bila Anda sudah terjebak dalam faktor lingkungan dan juga keuangan. Ini bertujuan untuk tidak dan jauh dari hal tersebut.

Oleh sebab itu, semoga hal ini tidak terjadi untuk kamu. Janganlah pernah patah semangat, bila kamu tidak lolos dalam suatu kompetisi. Misalnya tes menuju ke perguruan tinggi terutama untuk negeri. Mungkin diwaktu selanjutnya bisa dicoba kembali di tahun depan. Sementara mengisi ke hidupan, kamu bisa bekerja freelancer.

Kebutuhan ekonomi memang kerap kali menjadi salah satunya faktornya yang bisa menekan kamu untuk berlomba atau bersaing dalam mendapatkan perguruan tinggi. Yang dipandang lebih baik seperti perguruan tinggi Negeri.

4. Tidak terpengaruh oleh gengsi

Contohnya UI, UGM, STAN, dan juga UNJ adalah beberapa Universitas favorit Negeri di Indonesia. Walaupun teman-teman Anda sudah melanjutkan Pendidikan di Universitas tersebut, maka changingmedia.info pertekankan untuk tidak terpengaruh oleh teman-temannya. Tentu, dalam memilih jurusan haruslah benar-benar dengan minat, niat dan juga hobi Anda. Meskipun nantinya Anda melanjutkan ke perguruan tinggi swasta, tentu tidak ada salahnya. Bila memang benar-benar jurusan yang Anda pilih hanya ada di perguruan tinggi swasta saja.

Sudah tau belum? SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri << silakan baca disini

Bisa saja, teman-teman Anda adalah faktor keberuntungan untuk bisa masuk ke PTN. Jika kamu memberikan niat dan ulet, maka kamu kedepan bisa sukses. Terkadang perguruan tinggi Swasta pun bisa lebih baik dibanding dengan perguruan tinggi Negeri (PTN). Yang penting disini adalah sikap kamu yang baik, gaya kamu yang sopan, serta semangat kamu tak pernah padam dalam menentukan arah kehidupan. Satu hal lagi, yaitu tetap bersyukur. Dengan bersyukur, maka apa yang telah diraih biasanya akan dilipat gandakan oleh Tuhan Sang Yang Maha Kuasa.

Dengan menjadi seseorang anak yang baik, taat pada ketentuan orangtua, serta memiliki tekad penuh untuk menolong orangtua, umumnya cita – cita kamu juga akan dipenuhi. Yups itu saya kalimat demi kalimat yang telah disempurnakan dalam sebuah tulisan yang bisa bermanfaat untuk Anda. Tips memilih jurusan kuliah kami bersungguh memberikan artikel yang berguna. Selamat pantang menyerah.

Gambar Gravatar

Hiii… senang bertemu Anda. Hobi saya salah satunya menulis dari apa yang saya pikirkan, kemudian saya menceritakannya kedalam sebuah web ini.
Selamat membaca yah tulis-tulisan saya. Kalau mau endorse juga boleh juga tuh. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 − three =